Spot mancing ikan kelabau di Kalimantan

Spot mancing ikan kelabau di Kalimantan menyajikan informasi awal untuk Anda yang pengin mancing ikan ini di wilayah Kalimantan. Sebab, ikan kelabau (ikan barbir, birah mata) adalah salah satu jenis ikan air tawar langka yang ditemukan di perairan Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia, dan Indonesia, khususnya di Sumatera dan Kalimantan. 

Ikan kelabau masih satu rumpun dengan “siamese giant barb/ mekong giant carp/ vietnamese giant carp atau vietnamese giant barb. Barb atau carp/carpio adalah jenis ikan mas. Untuk ikan kelabau di Undonesia lebih condong ke siamese giant barb.

Ikan ini sangat mampu dan lebih suka hidup di air berarus daripada air tenang. Habitatnya lebih banyak ditemukan di sungai besar yang airnya agak dalam / mempunyai palung dan berarus sedang atau kuat.

Biarpun tubuhnya gempal dan besar, ikan ini mampu berenang melawan arus sungai yang deras. Perlawanan dan tarikannya yang dahsyat inilah yang membuat para angler bersemangat untuk memancing ikan kelabau.

Agustian Noor dengan ikan kelabau (Foto: Agustian Noor/FB)
Agustian Noor dengan ikan kelabau (Foto: Agustian Noor/FB)

Menurut Agustian Noor yang tinggal di Sampit Kalimantan Tengah, butuh skill dan kesabaran tinggi untuk memancing ikan yang mempunyai pola makan di pagi hari atau ketika air sedang pasang ini. Ikan terbesar yang sudah pernah dia angkat seberat 7 kilogram, kemudian juga 5,5 kilogram.

Menurutnya, umpan ikan kelabau yang sebesar telapak tangan cukup menggunakan cacing. Tapi untuk ikan yang berukuran 80 ons ke atas relatif ribet umpannya. Dia membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menemukan ramuan yang paten. Ramuan gabin, sawit dan tempe, ubi, kacang tanah yang diulet merupakan kegemaran ikan ini.

Untuk memancing ikan yang sensitif ini, Agustian Noor menggunakan line ukuran 0.20 mm, hook yang dipakai ukuran 1 sampai 3. “Hook-nya kecil karena mulut ikan ini memang kecil. Ketika strike akan dilema antara ditarik keras atau memainkan drag. Ditarik keras bisa putus karena linenya kecil, atau bisa bengkokkan kail yang kecil. Mau main santai ikannya terlalu gesit sekali. Saat strike langsung menuju tempat yang rimbun,” katanya.

Tertarik untuk merasakan sensasi ikan ini? Silahkan menghubungi Mas Agustian Noor di 082251297787. Salam strike!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *