Waktu terbaik mancing menurut kalender bulan Juli 2015

Salah satu kunci sukses mancing di laut adalah kondisi pasang surut air laut dan kondisi bulan pada saat aktivitas mancing dilakukan. Dengan demikian pengetahuan tentang waktu terbaik mancing menurut kalender bulan perlulah dipahami para pemancing.

Sebagaimana disampaikan dalam artikel sebelumnya, para pemancing kakap putih misalnya, disarankan menghindari mancing saat bulan terang baik siang maupun malam. Sebab saat bulan terang (full moon) aktivitas ikan makan bekurang/tidak galak.

Alasannya adalah saat bulan full moon biasanya aktivitas kakap putih sedang birahi/kawin atau membuahi telur dan melepas telurnya. Berdasarkan pengalaman pula, waktu terbaik memancing kakap putih adalah saat bulan sudah gelap atau bulan sudah setengah terang (half moon) dan gelap 100 %.

Ternyata perhitungan itu tidak jauh berbeda dengan anggapan para nelayan yang mencari ikan dengan cara memancing selama ini, bahwa ketika kondisi bulan terang, ikan sangat sulit didapat. Sebaliknya, ketika kondisi bulan gelap, ikan mudah dan banyak tertangkap.

Berdasar perhitungan kalender bulan, waktu terbaik untuk mancing selama bulan Juli 2015 ini adalah antara tanggal 8 – 24 Juli atau sepekan setelah bulan terang dan sepekan sebelum bulan terang berikutnya. Pada Juli 2015, bulan terang jatuh pada Rabu 1 Juli dan Jumat 31 Juli 2015.

Silakan lihat gambat di bawah ini (klik untuk melihat gambar besar):

Kalender bulan untuk menentukan waktu terbaik mancing bulan Juli 2015
Kalender bulan untuk menentukan waktu terbaik mancing bulan Juli 2015

Kalender bulan yang bersumber dari moon-phases.net tersebut bisa menjadi referensi bagi pemancing di laut, meski bukanlah patokan harga mati.

Demikian sobat, semoga artikel Waktu terbaik mancing menurut kalender bulan Juli 2015 ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa, lihat updatenya untuk bulan Agustus 2015 ya.

Salam sukses.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*