Rahasia teknik dan cara mancing casting kakap putih ukuran besar

Teknik atau cara mancing kakap putih bisa beraneka ragam, tergantung kebiasaan dan ketersediaan umpan. Kali ini spotmancing.com akan berbagi cerita tentang teknik mancing casting dengan target kakap putih ukuran babon atawa jumbo yang biasa dilakukan mancingmania Budi Utomo dari Weleri, Kendal. Om Budi biasa menggunakan nama Boe Doet di facebook.

Lha apa bener teknik Om Boe Doet memang manjur? Maka lihat saja foto-foto di bawah sebagai bukti. Hanya saja, ini cuma sebagian foto properti Om Boe Doet. Untuk hasil pancingan lainnya, tentu saja masih bejibun yang tidak mungkin kita unggah semua.

Untuk teknik casting secara umum, Anda bisa melihat lagi artikel Alat dan cara mancing teknik casting dan juga artikel Cara mancing dengan teknik casting.

Nah di sini, spotmancing.com membatasi diri berbagi tentang teknik khusus yang biasa digunakan Om Boe Doet.

Secara umum, demikian yang bisa spotmancing.com tangkap dari perbincangan dengan Om Boe Doet pada suatu kesempatan di Pacitan, Jawa Timur, beberapa waktu lalu, rahasia teknik dan cara mancing casting kakap putih besar atau ukuran babon terletak pada teknik retrieve dan umpan/lure yang digunakan, serta pilihan waktu dalam memancing.

Om Boe Doet atawa Budi Utomo
Om Boe Doet atawa Budi Utomo

Ini nih beberapa contoh hasil mancing kakap putih Om Boe Doet (klik saja untuk mempervesar tampilan):

Sifat umum kakap putih babon terkait teknik mancing menurut Om Boe Doet adalah:

Catatan penting: Dalam hal ini, topik dikhususkan untuk target ikan kakap yang biasa dilakukan Om Boe Doet, yakni ikan-ikan kakap yang bersemayam di muara-muara sungai dan atau di pinggiran laut dan BUKAN DI TEMBAK, meski teknik ini bisa juga secara umum diterapkan di tambak.

  • – Ikan kakap putih babon muara/ laut lebih giat mencari mangsa di waktu sore hingga dini hari
  • – Ikan kakap putih babon muara/ laut pemalas dalam mengejar mangsa
  • – Ikan kakap putih babon muara/ laut kalah gesit dibandingkan dengan kakap putih ukuran kecil sehingga kalah cepat saat bersaing kalau berebut mangsa
  • – Ikan kakap putih babon muara/ laut cenderung makan mangsa yang bergerak di permukaan
  • – Ikan kakap putih babon muara/ laut cenderung menunggu mangsa yang lewat di depannya/atau melintas di atasnya

Dengan sifat umum kakap putih di muara atau di pinggiran laut seperti itu, maka Om Boe Doet cenderung untuk menerapkan teknik casting sebagai berikut:

  • – Memilih waktu mancing pada sore, malam atau dini hari
  • – Retrieve (menggulung senar) secara perlahan, yang penting umpan bergerak dengan menimbulkan kecipak atau gelombang air yang besar. Umpan/ lure tidak perlu digulung dengan cara disendal-sendal.
  • – Gunakan umpan atau lure yang relatif menimbulkan gelombang/riak yang besar meski hanya digulung secara perlahan. Pilihan yang dia sampaikan adalah penggunaan popper dengan ujung depan lebar, meski lure bisa saja relatif kecil.
  • – Gunakan lure yang top water (mengambang)

Pilihan warna lure

Menurut Om Boe Doet, kurang begitu dia perhatikan. Sebab menurut pengalamannya, hal yang penting adalah bentuk dan strukturnya saja.

Pilihan joran, line/senar

Menurut dia, juga terserah selera kita, yang penting joran tidak terlalu lembek sehingga memudahkan kita menghajar ikan, line kuat dengan di bagian depan diberi leader fluoro carbon.

Pilihan hook

Terserah kita saja, yang penting tajam dan kuat (cari saja rekomendasi dari teman-teman terdekat Anda).

Nah, meski tips yang Om Boe Doet berikan ini relatif simpel, tetapi bisa Anda praktekkan untuk mendapatkan ikan kakap putih ukuran babon. Tentu saja, syarat utamanya adalah di spot itu memang ada kakap babon, hehehe.

Jika ada kurang lebihnya mengenai hal yang saya tulis ini, silakan komplain saja ke Om Boe Doet untuk melengkap teknik rahasianya ini, hehehe.

Jangan lupa loh ya, baca juga rangkaian artikel dari mastes kakap putih lainnya dalam artikel berikut ini:

Semoga bermanfaat.

8 Comments

  1. Dari sekian banyak artikel di sini, rata rata yang dibahas soal teknik mancing di perairan laut dan sungai berarus tenang, alangkah baiknya jika disini juga ada artikel yang membahas teknik mancing di sungai berarus deras, seperti teknik casting hampala,mahseer, dan lain lain, sya mencari disana sini tapi tak kutemukan artikelnya,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*