Memilih spot mancing kakap putih

Artikel “memilih spot mancing kakap putih” ini adalah bagian dari panduan umum mengetahui peralatan, spot atau tempat-tempat mancing dan cara serta teknik mancing kakap putih atau barramundi yang ditulis secara bersambung.

Diharapkan artikel yang versi aselinya ditulis oleh Om Rudi Mania Mancing Kakapputih ini bisa menjadi panduan awal para angler yang pengin belajar memancing ikan kakap putih.

Habitat ikan kakap putih

Spot-spot ikan kakap putih biasanya memang merupakan habitat ikan kakap putih.

Barramundi hampir banyak dijumpai hidup di pantai/laut (kedalaman 1 m smpai 10 m) maupun di muara sungai/sungai khususnya di Pantura, Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera.

Bahkan kakap putih bisa masuk ke sungai sampai jauh ke dalam sungai berkilo-kilo meter sejauh mana salitas air masih sedikit asin (salinitas rendah, mendekati tawar). Hal ini dikarenakan saat bertelur atau menetaskan telur kakap putih membutuhkan salitas air yang rendah agar anak yang ditetaskan bisa bertahan hidup sampai saatnya anak kakap putih tersebut kembali lagi ke air bersalitas yang lebih tinggi ke muara atau ke pantai.

tempat-mancing-ikan-barramundi-kakap-putih

Saat berusia di bawah 2 kg, jenis kelamin ikan kakap putih masih bisa sebagai jantan atau betina. Dan saat usia di atas 2 kg barulah kelamin kakap putih sudah permanen jadi jantan atau betina.

Ikan kakap putih betina bobotnya akan bisa mencapai 20-40 kg, sedangkan jantan rata-rata bobotnya hanya 3-10 kg.

Selain dagingnya yang lezat ikan kakap putih menjadi primadona bagi sebagian besar mania mancing, khususnya di eks Karesidenan Pekalongan dan umumnya di Pantura, dikarenakan perlawanan ikan yang membuat adrenalin pemancing ketagihan.

Kakap putih termasuk ikan yang memiliki karakteristik tersendiri di kalangan mania kakap putih dan termasuk ikan yang cerdik di habitatnya. Untuk memancing ikan ini dibutuhkan pengalaman dan pengetahuan dasar yang bisa menentukan kegiatan mancing kakap putih berhasil dengan baik.

Dalam artikel ini akan dibagikan kepada Anda berbagi tentang tehnik dasar memancing baramundi.

Spot ikan kakap putih

Memancing ikan kakap putih pertama kita haruss mengetahui di mana sarang/tempat kakap putih banyak dijumpai seperti guguran/runtuhan bebatuan, pohon-pohon tumbang/rubuh, patok -patok bambu/kayu dan wadas/palung di dasar laut ataupun sungai/muara dengan kedalaman minimal 1,5 meter.

Khusus di laut, maksimal kedalaman biasanya 10 meter. (Sangat jarang kita jumpai kakap putih hidup di kedalaman air 15 meter atau lebih karena salinitas air laut sudah melebihi batas maks kakap putih bisa hidup).

Demikian sobat, sharing pengetahuan dari Om Rudi Mania Mancing Kakapputih, yang berjudul Memilih spot mancing kakap putih ini. (Bersambung ke artikel Ragam teknik dan cara mancing ikan kakap putih dan Faktor pasang surut dan bulan mancing kakap putih).

Semoga bermanfaat.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*