Faktor pasang surut dan bulan mancing kakap putih

Banyak faktor bagi sukses mancing ikan kakap putih. Dalam artikel ini akan dibahas faktor keberhasilan mancing ikan kakap putih berdasar pemahaman faktor pasang surut air laut dan kondisi terang bulan.

Hal itu perlu diketahui karena ikan kakap putih adalah ikan pasang surut di mana aktivitas makannya galak saat air mau pasang atau mau surut dengan kekuatan arus sedang. (Baca artikel sebelumnya: Memilih spot mancing kakap putih dan Ragam teknik dan cara mancing ikan kakap putih)

Untuk melihat daftar kalender pasang surut bisa dilihat di halaman Pasang Surut ini.

Perhatikan bulan gelap atau terang. Sebaiknya hindari mancing saat bulan terang baik siang maupun malam. Mengapa? Sebab saat bulan terang (full moon) aktivitas ikan makan bekurang/tidak galak.

Hal itu karena saat bulan full moon biasanya aktivitas kakap putih sedang birahi/kawin atau membuahi telur dan melepas telurnya.

Berdasarkan pengalaman Om Rudi Mania Mancing Kakapputih, waktu terbaik memancing kakap putih adalah saat bulan sudah gelap atau bulan sudah setengah terang (half moon) dan gelap 100 %.

Untuk kalender bulan bisa dilihat di moon-phases.net.

Hanya saja memang untuk baramundi besar, biasanya akan terpancing di saat 7 hari sebelum bulan purnama atau 7 hari sesudah bulan purnama/bulan penuh.

Faktor lainnya sangat menentukan keberhasilan Anda dalam mancing kakap putih adalah bedoa, rajin dan semangat selalu.

Demikian sobat, sharing pengetahuan dari Om Rudi Mania Mancing Kakapputih, yang berjudul Faktor pasang surut dan bulan mancing kakap putih ini.

Semoga bermanfaat.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*