Ini dia cara mancing belanak pakai perangkap botol ala Ukawa, josss gandhoss!!

Unik benar nih cara mancing yang satu ini. Kita tidak perlu menggunakan mata kail atau hook, tetapi cukup dengan botol plastik bekas kemasan minuman atau larutan penyegar. Teknik mancing ini di Malaysia konon sudah lama dipraktekkan, tetapi relatif baru di Indonesia, minimal belum banyak yang tahu, sebelum caranya dibagikan ke member grup mancing maniac di facebook oleh Om Ukawa Punishersx dari Subang Jawa Barat.

Untuk memperjelas bagaimana cara membuat alat mancing dengan botol sebagai perangkap, silakan dilihat dulu gambar-gambar di bawah ini. (klik gambar untuk memperjelas tampilan)

Grafis skema mancing belanak dengan perangkap botol
Grafis skema mancing belanak dengan perangkap botol
Belanak yang terperangkap di botol
Belanak yang terperangkap di botol
Belanak terperangkap dan tidak bisa keluar - Strike!!!
Belanak terperangkap dan tidak bisa keluar – Strike!!!
Belanaknya nyungsep!!!
Belanaknya nyungsep!!!
Nah ini dia hasilnya... Makjleb!!!
Nah ini dia hasilnya… Makjleb!!!
Botol kebanyakan lubang menyebabkan belanak menyerobot umpan dari samping
Botol kebanyakan lubang menyebabkan belanak menyerobot umpan dari samping

Inti cara membuatnya adalah:

  1. Kita mencari botol plastik dan memotongnya di bagian belakang/bawah, kemudian pada bagian samping botol (nantinya untuk bagian atas) dilubang-lubang.
  2. Pada bagian separuh botol yang berlubang-lubang diletakkan styrofoam atau gabus sandal bekas dengan ukuran secukupnya (lihat gambar) sebagai pelampung botol.
  3. Pada bagian bawah diberi pemberat dengan tujuan agar posisi botol mendatar dan di bagian berlawanan adalah line senar, yang di bagian itu diberi pelampung agar posisi senar tidak menutupi lubang botol.
  4. Lubang-lubang kecil disarankan tidak terlau banyak. Cukup di bagian bawah pelampung besar dengan jarak sekitar 1 – 3 cm untuk lubang kanan dan kiri. Di belakang diberi lubang 2 titik saja dan pada bagian dekat dengan tutup botol tidak diberi lubang. Jika lubang kebanayakan atau kegedean, umpan akan mudah dicuri-serobot oleh belanak dari arah samping.
  5. Umpan untuk menarik minat belanak untuk masuk botol bisa digunakan adonan tepung terigu yang kita masukkan melalui bagian tutup botol. Sebelumnya, botol dikasih air sedikit dan kira-kira 3 cm dari tutup botol diletakkan adonan tepung sekitar 1 sendok. Untuk umpan ada juga disarankan menggunakan dua tepung, yakni dari beras bukan tepung terigu karena lebih menggumpal. Meski demikian Om Ukawa mengaku dia banyak menggunakan umpan full terigu meski sering cepat habis karena tekstur terigu lebih kasar jadi lebih gampang tumpah.
  6. Ketika belanak masuk dari arah lubang besar ke arah umpan, “seblak saja,” begitu kata Om Ukawa Punishersx. STRIKE!!!

Ini nih videonya yang mancing model ini yang dilakukan angler Malaysia:

Intinya, ini adalah membuat jebakan ikan belanak namun digunakan reel dan joran sebagaimana layaknya mancing pada umumnya.

Untuk joran, disarankan menggunakan joran yang rada kaku alias midle agar botol berisi ikan mudah segera diangkat setelah strike.

Menurut Om Ukawa Punishersx, mancing belanak paling afdol adalah pada pagi dan sore hari karena pada siang hari belanak lebih banyak berlarian ketimbang tertarik mencari pakan.

Praktek mancing belanak menggunakan jebakan botol ini, menurut Om Ukawa Punishersx, banyak dipraktekkannya di tambak yang sudah menyatu dengan laut, tepatnya di daerah Pondok Bali Pamanukan, Jawa Barat.

Pengin nyoba??? Harus!!!

12 Comments

  1. Adonan tepung’nya di kasih telor putihan’nya..
    Dan tepung’nya yg peta merah
    Lalu di kasih air secukup’nya,

    ” tp klo cara mancing’nya pakai botol cukup di kasih air dikit lalu tepung’nya di taburkan kedalam botol,selamat mencoba guys…

  2. saya udah pernah coba umpannya pke pelet/ terigu tpi ko gx da yg tertarik ya,jangankan masuk mengitari botolpun gx ..mohon pencerahannya dong gan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*