Misteri dan rahasia umpan mancing….

Banyak sekali pertanyaan tentang umpan apa yang paling cocok untuk ikan apa. Pertanyaan seperti itu sangat susah dijawab secara pasti dan benar-benar terbukti ampuh. Sebab sejak jaman bahuelua, nenek moyang kita sudah menggariskan sebuah bisikan turun temurun, “LAIN LADANG LAIN BELALANG, LAIN LUBUK LAIN PULA IKANNYA”.

Demikianlah kalimat pembuka yang disampaikan Om Duto Sri Cahyono di grup Mancing Maniac di facebook dalam tulisan yantg berjudul “Inilah misteri dan rahasia umpan mancing….

Berikut ini adalah paparan lengkapnya:

Faktor-faktor penyebab umpan tertentu untuk ikan tertentu belum tentu cocok untuk ikan yang sama di tempat berbeda, pada kondisi alam yang berbeda, sangatlah banyak / variatif.

Faktor-faktor dominan penentu keampuhan umpan mancing ikan sebenarnya adalah:

1. Kondisi alam dan perairan, yang termasuk di dalamnya adalah warna air, kekeruhan, kecepatan arus, kandungan oksigen, kedalaman dll, termasuk juga cuaca (mendung atau terang benderang) dll.

Warna dan kekeruhan:

Jika kondisi air berwarna gelap/keruh, ikan banyak mengandalkan penciuman untuk mencari makan. Hanya umpan dengan bau menyengat (entah bacin atau wangi esen dll) yang akan terendeus cepat oleh ikan. Umpan yang kalah bacin atau kalah wangi, akan kalah bersaing. Dalam kondisi air jernih, umpan dengan warna menyala atau kontras dengan latar belakang air yang gelap tetapi transparan, akan lebih efektif. Umpan warna gelap akan cenderung kalah dibanding umpan warna terang (putih, merah, kuning dll).

Kondisi arus:

Ketika air berarus yang berarti kondisi air penuh oksigen, ikan cenderung aktif bergerak mencari makan dan mau makan umpan apa saja yang biasa dia makan. Jika tidak ada arus dan oksigen kurang, ikan cenderung malas bergerak dan akan makan umpan yang hanya berada tepat di dekatnya dan itupun hanya umpan-umpan yang benar-benar dia sukai.

Kedalaman:

Kedalaman air mempengaruhi jarak pandang ikan. Semakin dalam semakin gelap. Logika umpan yang digunakan seperti dalam hal warna dan kekeruhan. Semakin menyala warna umpan dan semakin bacin/wangi umpan, semakin efektif digunakan.

Faktor cuaca:

Logika faktor cuaca sama dengan faktor-faktor di atas, dengan efek terang benderang dan mendung yang tentunya berbeda. Juga kondisi siang dan malam, sangat mempengaruhi kelahapan ikan untuk makan umpan tertentu. Jika di laut, maka sedikit banyak angin menjadi faktor penggerak produksi oksigen. Jika angin berembus berlawanan arah dengan arus, maka terjadi ombak/riak, hal ini menyebabkan kandungan oksigen di air laut relatif lebih banyak.

2. Kebiasaan ikan dalam mengonsumsi pakan.

Ikan jenis yang sama mempunyai kebiasaan makan yang berbeda. Ikan mas majalaya yang biasa diberikan makan pelet merk A, tentu beda dengan ikan mas banjarnegara yang biasa diberi umpan pelet merk B.
Begitu juga dengan ikan lele, bawal, patin dll yang terbiasa dengan makanan tertentu akan tetap suka dengan makanan tertentu kebiasaan mereka itu.

3. Catatan khusus ikan bawal

Ikan bawal adalah ikan omnivora, pemakan segala. Meski demikian, dia malah merupakan salah satu ikan dengan perilaku konsumsi yang aneh. Hari ini menyantap rakus umpan berbau amis/bacin, besuknya sudah lebih suka makanan berbahan bijian, dan seterusnya…berganti-ganti yang menyulitkan prediksi. Itulah sebabnya untuk mancing bawal perlu menyiapkan beberapa jenis umpan yang berbeda.

KUNCI SUKSES PENGGUNAAN UMPAN:

1. Survey kebiasaan pemancing di spot/sasaran; tanyakan ke para pemancing yang biasa mancing di tempat itu. Jika mereka cenderung tertutup, lakukan pengamatan dulu beberapa jam dan bandingkan hasil tarikan orang-orang yang menggunakan umpan yang berbeda.

2. Survei kondisi cuaca; pada saat seperti apa ikan cenderung makan apa.

3. Survei kebiasaan makanan ikan. Jika mancing di kolam dengan ikan baru, tanyakan ikan berasal dari mana dan cari tahu makanan apa yang biasa diberikan ke ikan-ikan tersebut.

4. Trial and error; selalu coba dan mencoba beberapa jenis umpan tertentu untuk kondisi tertentu.

JADI KETIKA KITA BERTANYA UMPAN APA YANG PALING TEPAT UNTUK IKAN APA, MAKA JANGAN SALAHKAN YANG JAWAB KETIKA TERNYATA UMPAN ITU TIDAK EFEKTIF SAAT ANDA GUNAKAN.

Demikian sedikit sharing berdasar pengalaman selama ini, mohon maaf jika ada salah tutur kata…

Itulah tuturan dari Om Duto, semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*