Kualitas-kualitas Yang Perlu Dipahami Dalam Memilih Joran

Joran adalah alat. Menggunakan alat yang pas dengan teknik dan target tangkapan akan memberi pengalaman mancing yang menyenangkan dan strike-strike memuaskan. Untuk itu perlu kita pahami terlebih dahulu kualitas joran yang kita miliki maupun yang ingin kita miliki.

Rod action

image
Credit: tacklewarehouse.com

Rod action berhubungan dengan besarnya lengkungan joran ketika ia mengalami tekanan. Rod action juga berhubungan dengan kecepatan joran untuk kembali lurus/normal sesaat setelah casting yang tentu erat kaitannya dengan teknik memancing yang Anda gunakan. Untuk flipping dan pitching Anda ingin joran dengan rod action fast atau extra fast. Pada teknik yang lain, joran dengan rod action sedang (moderate) lebih membantu meningkatkan jarak casting dan kekuatan hooking.

Power

Power sebatang joran bukan hanya soal seberapa besar tangkapan yang bisa ia angkat, tetapi justru lebih kepada soal kekuatan kenur yang bisa ditahannya. Biasanya ini dikategorikan dalam Heavy, Mid, dan Ultra-light. Namun untuk lebih jelas lagi, coba lihat badan joran Anda, biasanya di situ tertera besar dan berat kenur yang cocok untuknya.

image
Credit: outdoorblog.net

Casting yang sempurna akan lebih mudah dicapai jika menggunakan kail dan kenur yang beratnya tidak lebih dari nilai yang dicantumkan di joran. Menggunakan kail yang lebih berat dari yang disarankan dapat beresiko joran patah saat casting. Begitu juga jika menggunakan kenur yang kekuatannya di atas kemampuan joran — joran bisa patah duluan ketika mengalami backlash (kenur kusut di reel), bahkan sebelum kenur itu sendiri putus.

Sensitivity

Ini adalah kemampuan joran menghantarkan getaran dari ujung kenur ke joran hingga ke tangan Anda. Semakin sensitif joran Anda, semakin mudah Anda merasakan apakah umpan sudah dimakan atau belum, apakah kail menghantam sesuatu di bawah permukaan air, dan sebagainya.

Sensitifitas tergantung pada bahan dasar joran itu sendiri. Joran yang terbuat dari bahan karbon (grafit) biasanya memiliki sensitifitas terbaik, hanya saja umurnya tidak panjang. Sedang joran yang dari fiberglass bisa hidup lebih lama, namun kurang sensitif.

Untuk yang baru mulai menekuni hobi mancing, bisa pilih joran yang sifatnya all-round dulu, yang dibuat untuk digunakan di beragam jenis perairan, tipe kail, dan teknik mancing. Joran medium atau medium heavy ukuran 6’6″ atau 7′ biasanya pas untuk pemula.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*