3 Safety gear wajib saat mancing di laut

Mancing, meski membawa sejumlah manfaat yang sangat baik, bukan berarti tanpa resiko. Terutama ketika mancing di laut. Kita harus selalu siap menghadapi kondisi terburuk karena laut yang tampak kalem belum tentu kalem terus sepanjang hari. Ia bisa tiba-tiba ganas di luar perkiraan.

Tak seorangpun ingin tertimpa musibah, tapi andai terpaksa menghadapinya, tentu kita ingin selamat dan pulang dengan kisah pengalaman baru. Untuk itu, selain kesiapan mental dan pengetahuan, adalah sangat bijaksana jika kita juga membawa serta perlengkapan keselamatan. Berikut beberapa perlengkapan yang wajib ada bersama kita di laut, baik yang dangkal maupun yang dalam.

Life Jacket

image

Berada di urutan pertama karena memang paling krusial dan harus selalu dikenakan terutama ketika main di atas boat, di pinggir laut, dan tebing-tebing laut. Pilih life jacket yang sudah SOLAS approved. Ini bisa menahan kita tetap mengapung hingga selama 2 hari karena materialnya yang tidak mudah kemasukan air.

Senter Waterproof

wpid-wp-1419293541247.jpeg

Saat mengapung dalam kegelapan dan terpaksa ‘menginap’ di laut, senter ini adalah penyelamat jiwa. Dengan senter bernilai terang di atas 70 lumens, kita bisa mengirim sinyal SOS ke arah kapal-kapal yang kebetulan lewat bahkan di tengah hujan lebat malam hari. Perlu dicatat: senternya yang waterproof yang biasa dipakai penyelam. Ikatkan senter di life jacket yang Anda kenakan supaya dia selalu bersama Anda.

Topi/Cap Merah Atau Kuning

image

Warna rambut kita yang gelap sulit dilihat di antara luasnya biru-hijau dari jarak jauh. Supaya lebih mudah ditemukan, kenakan topi atau penutup kepala berwarna terang — disarankan merah atau kuning (warna lawannya biru dan hijau). Terakhir, kenapa harus topi?

Karena saat mengapung kepala Anda adalah bagian tubuh yang akan terus Anda upayakan supaya tetap berada di atas permukaan air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *