Tata cara dan tips mancing bawal galatama gaya Solo

Mancing galatama ikan bawal beberapa waktu lalu marak di Solo. Saat ini hanya ada beberapa pengelola kolam yang masih membuka lapak pancingan galatama. Salah satu pancingan galatama yang populer antara lain adalah kolam bawalan Pak Surip di Gentan Sukoharjo dan Pak Pariyo di Cengklik, Boyolali.

Bawal: Ikan pemakan segala.
Bawal: Ikan pemakan segala.

Artikel ini akan membahas tata cara atau aturan main mancing galatama bawalan ala Solo dan juga sedikit tips dan trik mancing bawalan seperti cara mancing dan pemilihan umpan, senar, mata kail dan sebagainya. Nah berikut ini adalah soal tata aturan mainnya.

Aturan main mancing galatama bawalan gaya Solo:

1. Lama mancing: Per sesion 30 menit sampai 60 menit (tergantung pengelola) dan dalam sehari bisa dibuka 3-6 sesi (tergantung masih ada peminatnya atau tidak).

2. Di setiap sesion, tempat mancing/ lapak masing-masing peserta diundi

3. Tiket mancing per sesion Rp. 10.000 – Rp. 20.000 (tergantung pengelola)

4. Penentuan pemenang:

  • – Pemenang I adalah perserta yang mendapatkan ikan nominasi paling berat (jika ikan diperkirakan lebih dari 1 kg, ada petugas kolam yang segera menimbangnya dan mencatatnya di papan hasil pancingan).
  • – Pemenang II adalah peserta yang mendapatkan ikan nominasi paling berat kedua.
  • – Pemenang III adalah peserta yang mendapat ikan omset total terberat.

5. Alat yang digunakan:

-Mata kail: Ukuran paling besar adalah mata kail yang besarannya setara dengan mata kail merk Carbon atau Carbon plus nomer 12.

-Duri pandan di mata kail harus dihilangkan (mengurangi risiko kematian pada ikan dan juga mempercepat pelepasan mata kail dari mulut ikan).

6. Ikan yang diperhitungkan untuk ditimbang adalah ikan yang memakan umpan dengan kail menancap di mulut (bukan cekrak dan kena bagian tubuh lainnya).

7. Umpan ikan bawal bisa apa saja karena bawal adalah pemakan segala, tetapi pengelola kolam MELARANG PENGGUNAAN UMPAN:

  • – Kroto
  • – Umpan yang mengambang (roti tawar utuhan)
  • – Umpan gorengan seperti tempe goreng, tepung goreng, bakwan goreng. Umpan gorengan pada waktu lalu diperbolehkan, namun karena hal itu membuat air kolam berminyak, kini tak boleh digunakan lagi.
  • – Umpan yang menimbulkan bau tidak enak (daging busuk dan sejenisnya)
  • – Umpan yang menggunakan bahan kimia berbahaya bagi ikan atau merusak air kolam (cuka misalnya)

8. Besaran ikan: Untuk ikan omset biasanya besarannya 3 ons – 1 kg. Untuk ikan master lebih dari 1 kg.

TIPS SUKSES MANCING BAWALAN GAYA SOLO

Setelah Anda paham tentang aturan mainnya, kini kami sampaikan tips sukses mancing bawalan gaya Solo.

  1. Saran penggunaan joran

Karena kolam bawalan gaya Solo umumnya tidak begitu luas, gunakan joran pendek dengan kelenturan medium. Jika terlalu kaku, senar mudah putus. Jika terlalu lembek, menyulitkan kita menghajar dan menaikkan ikan.

  1. Saran penggunaan senar

Prinsip penggunaan senar: semakin kecil senar, semakin besar kemungkinan ikan makan. Namun risiko senar putus juga lebih besar. Anda boleh menggunakan senar monifilamen, bisa juga menggunakan multi atau juga braided/PE.

Anda boleh pakai rel, boleh juga pakai gulungan manual. Umumnya pemancing bawalan Solo menggunakan gulungan manual.

  1. Saran penggunaan mata kail

Prinisip: semakin kecil mata kail, semakin besar kemungkinan ikan makan. Namun semakin tinggi pula risiko mata kail patah. Dalam hal ini yang perlu menjadi catatan adalah, jika Anda mengejar omset (jumlah ikan banyak) gunakan mata kail kecil. Jika menggunakan standar pancing merk Carbon, pilih pancing nomer 5 sampai 8. Jika umpan yang diguinakan kecil, seperti ulat hongkong misalnya, gunakan pancing kecil. Di Solo, pemancing dengan umpan ulat hongkong malah ada yang menggunakan pancing ukuran nomer 3. Jika Anda mengejar ikan master (1 kg ke atas) gunakan mata kail nomer 10 sampai nomer 12.

  1. Saran penggunaan kambangan/pelapung

Gunakan kambangan kecil, yang penting bisa mengangkat senar dan menjadikan kita lebih peka atau cepat tahu jika umpan dimakan. Jika Anda tidak menggunakan kambangan, pastikan Anda menegangkan senar agar kita lebih mudah tahu saat ikan menyantap umpan.

  1. Saran penggunaan umpan

Bawal adalah pemakan segala, mulai dari kacang rebus, cacing, ulat bambu, serangga (jangkrik, belalang), pelet, daging ikan, udang kecil air tawar, buah pisang, kelapa muda dan sebagainya. Masalahnya adalah bawal di kolam galatama biasanya suka berubah-ubah selera. Hal itu sangat sulit diprediksi. Untuk itu, jika Anda pengin mancing bawalan galatama, Anda perlu mencari informasi tentang umpan terakhir apa yang paling disukai oleh ikan bawal di kolam sasaran.

Jika Anda tidak mendapatkan informasi itu, sediakan umpan yang variatif, mulai yang bersifat tepung seperti pelet (pelet serbuk, dan biasanya dalam berbagai kondisi, bawal tetap mau makan pelet yang dibuat adonan), berupa bijian (kacang rebus), umpan berbau anyir (udang air tawar, ikan cetul kecil dan sejenisnya), cacing, daging ayam dan sebagainya. Tujuannya, dengan membawa umpan variatif, maka Anda bisa menggantinya setiap saat jika bawal tidak mau makan jenis umpan tertentu dan maunya umpan jenis tertentu lainnya.

Demikian sobat sekilas informasi tata cara mancing gakatama bawalan gaya Solo dan tips trik memancingnya.

Semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *