Jenis-jenis umpan tiruan dan penggunaannya

Jenis-jenis umpan tiruan – Pemancing dan bahkan nelayan biasanya menggunakan umpan untuk memancing ikan agar menggigit kail mereka. Tidak semua umpan diciptakan sama, namun, ada banyak jenis. Ketika memilih umpan Anda, Anda harus mempertimbangkan banyak faktor, termasuk jenis ikan Anda ingin menangkap.

Berikut ini adalah jenis-jenis umpan tiruan dan penggunaanya

Jenis umpan tiruan #1: jig

Dari semua umpan, saya akan mengatakan bahwa jig yang paling serbaguna. Sebuah jig dapat menarik perhatian hampir semua ikan, dan harganya tidak mahal.

Jenis umpan tiruanJenis umpan jig memiliki cir-ciri mudah tenggelam tapi perlahan, untuk mengundang perhatian ikan saat umpan tenggelam tarik sedikit kemudian lepas, tarik lagi dan lepas. Lakukan terus sampai ada tarikan dari ikan. Anda harus berperan aktif bila ingin mendapatkan tangkap yang bagus.

Jenis umpan tiruan #2: Floating Plug

Jenis umpan tiruanJenis umpan tiruan berikutnya bernama floating plug yang terbuat dari bahan yang sangat ringan, bisa aluminium atau plastik, biasanya disebut minnow. Jenis umpan tiruan ini mudah mengambang di atas, panjang 3-3,4 cm dengan bobot maksimal 100 gram. Umpang ini cocok untuk daerah terumbu karang.

Jenis umpan tiruan #3: Sinking Plug

Jenis umpan tiruanJenis umpan yang satu ini lebih berat sehingga kebalikan dari floating plug, ia tenggelam tapi tidak ke dasar sungai melainkan mengambang di tengah air. Tetapi varian yang lebih berat dapat tenggelam ke dasar air. Bobotnya antara 7 hingga 130 gram dengan panjang mulai 7 sampai dengan 34 cm. Umpan jenis ini cocok untuk teknik mancing jingging dan casting.

Jenis umpan tiruan #4: Rapping Plug

Jenis umpan tiruanType umpan ini ditandai dengan melayang di tengah – tengah air, mirip dengan umpan jenis vibration. Dalam penggunaannya, Rapping plug dapat bergerak zig – zag sehingga akan terlihat seperti ikan hidup sungguhan, panjang umpan 4 – 10 cm dan bobot 5 – 27 gr. Umpan jenis ini sangat tepat untuk teknik mancing casting.

Jenis umpan tiruan #5: Popping/ Popper

Jenis umpan tiruanBerikutnya adalah Popping atau Popper yang ditandai dengan karakteristik mengapung di permukaan air. Umpan jenis ini sering dirancang khusus dengan bagian mulut yang terbuka lebar sehingga memberikan efek percikan air yang dilaluinya. Alhasil ikan akan lebih tertarik. Panjang umpan 4 – 34 cm, dengan berat 5 – 100 gr dan cocok untuk teknik pancing popping dan trollin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *