Beberapa tips memilih pancing, jangan asal pilih atau menyesal!

Tips memilih pancing ini akan memberikan gambaran gamblang kepada Anda beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda sedang membeli peralatan pancing. Pertimbangan ini perlu dipikir ulang, sebab setelah Anda membeli pancing dan ternyata salah, Anda sudah membuang uang dengan percuma.

Tips memilih pancing untuk kolam atau danau

Apabila Anda lebih banyak memancing di empang, kolam atau freshwater yang tidak terlalu lebar maka tips memilih pancing untuk Anda, pilhlah rod dengan panjang 190cm, 180cm atau 170cm dengan kriteria lentur / fast action yang terbuat dari material carbon.

Jika Anda ingin lebih nyaman, pilih handle rod yang lebih panjang dari pilihan yang ada. Panjang 30 hingga 40 cm merupakan pilihan yang tepat, tujuannya agar ketika Anda berhasil menangkap ikan yang agak besar, Anda tidak akan merasa cepat pegal. Pertimbangkan juga bobot pancing, jangan yang terlalu berat tapi yang paling penting terjangkau oleh kantong Anda.

Sedangkan untuk Reel bisa bisa menggunakan spinning kelas 2500, untuk pemancingan di kolam atau empang itu sudah pas. Line bisa pakai monofilament berukuran 14lbs atau PE 1.

tips memilih pancingTips memilih pancing untuk kolam atau pancingan laut

Beda lagi jika Anda berencana mancing ke laut, tips memilih pancing yang tepat untuk Anda adalah memilih salah satu dari dua kriteria yang ada.

Pertama, tentukan Anda ini tipe pemancing apa dan rencananya ini mau mancing di laut mau menangkap ikan besar atau ikan kecil? Kalau untuk kelas ringan, ikan-ikan yang masih berukuran normal dimulai dengan memilih rod panjang antara 170 hingga 180cm dengan action medium, 12 hnga 20lbs.

Rod model jigging dengan handel panjang merupakan rekomendasi terbaik, bisa jadi pilihan walaupun tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kemudian jika kelasnya lebih ringan, misalnya Anda hanya mancing di pinggiran laut bisa juga memmilih joran light tackle 16lbs biar Anda terbiasa dengan tantangan.

Reelnya sebaiknya menggunakan ukuran 4000 atau maksimal 6000 boleh juga agar siap dengan kondisi laut, barangkali lebih dalam. Reel 2500 atau 3000 boleh juga tapi untuk laut yang dangkal. Kemudian line-nya bisa dengan monofilament PE3.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*