Tehnik Mantap Mancing Cumi

Mancing cumi juga hampir sama dengan mancing ikan pada umumnya, namun ada beberapa hal yang berbeda dari penggunaan umpan buatan dan spot lokasi cumi berkeliaran mencari makan. Dikalangan para pemancing kurang begitu populer mungkin disebabkan kurangnya informasi tentang tips dan trik cara memancing hewan laut yang satu ini.

Lokasi

Sebelum memancing dimulai yang harus anda pahami adalah lokasi untuk memancing cumi. Biasanya untuk memancing cumi anda bisa mencobanya di sekitar dermaga, perahu atau disekitar karang-karang pinggir laut. Cumi tidak suka mencari makan ditempat dengan arus air yang deras, biasanya cumi menggunakan gugusan rumput laut atau batu karang sebagai tempat berlindung. Cumi suka mencari mangsa di air yang jernih dan bersih dengan kedalaman 2-6 m.

Jenis umpan cumi dan fungsinya

Capella/Squid Jig/ Udang-udangan

Tipe umpan
1. Untuk air yang dangkal dengan kedalaman 1-2 m dianjurkan anda menggunakan umpan buatan semi floating dengan memiliki ciri timah kecil

2. Untuk air dengan kedalaman 3-4 meter dianjurkan anda menggunakan umpan Sallow dengan timah sedang.
3. Untuk air dengan kedalaman 4 meter dengan arus air agak kencang baiknya anda menggunakan umpan Deep dengan ciri timah besar.

Cara mancing

Umpan diatas lebuh umum menggunakan tehnik casting ukurannya 1″ – 3.5″ dan jika lebih besar 4″ keatas lebih bagus dipakai untuk trolling dimalam hari saat terang bulan.

Warna
Untuk memancing cumi gunakan warna yang cerah seperti orange, pink, biru dan hijau boleh juga dengan kombinasi warna cerah.

umpan untuk mancing cumiWaktu mancing cumi idealnya adalah jam 06:00-09:00 dan ketika menjelang malam sekitar jam 18:00-21:00 jika disekitar spot anda macing cumi ada cahaya lampu buatan seperti di dermaga anda bisa mancing disitu sampai pagi karena cumi akan tertarik dengan cahaya terang.

Tips mancing cumi
Untuk pertama kali casting untuk mengetahui seberapa besar ukuran cumi dispot tersebut dalah dengan menggunakan umpan yang terkecil dahulu, agar jika diloksai tersebuta cuminya hanya ada yang berukuran kecil maka dia tidak akan memakan umpan yang anda lempar kaera dia cenderung takut. Maka ukuran capella harus disesuaikan dengan ukuran cumi dan jika setelah casting pertama tidak ada respon dari cumi maka segeralah gan capella dengan warna lain.

Demikian semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *