Beda cara ikan makan beda pula mata kailnya

Setiap ikan memiliki tehnik yang berbeda dalam menangkap mangsanya, ada yang menyambar, merobek dan ada yang langsung menelan sebagian umpannya. Beda cara makan maka mata kail juga berbeda agar hasil dan sasaran lebih maksimal.jenis matapancing

1. Menyambar
Ikan yang cara makannya adalah dengan cara menyambar adalah ikan yang memiliki gigi tajam seperti jenis ikan predator yang menyambar dengan cepat ketika ada peluang menyerang mangsanya. contoh ikan yang cara makannya nyambar adalah Ikan Alu Alu, Haruan Tasik, Ikan Yu, Ikan Siakap, Tenggiri, Gerepoh atau GT Dll. Mata kail yang digunakan untuk ikan sejenis diatas adalah Tuna Hook, Big Game. Karena sifat mata kail ini adalah tegak lurus kepangkal ketika ada ikan yang menyambar maka mata kail akan tertancap semakin dalam.

2. Ragut
Ragut adalah cara ikan memangsa umpan dengan cara diam ketika memakan umpan. Umpan yang sering digunakan untuk ikan yang memiliki cara makan seperti ini adalah umpan mati. Ikan yang memiliki cara makan seperti ini adalah ikan merah dll.
Mata kail yang digunakan adalah Circle hook yaitu kail yang dibuat untuk menargetkan ikan yang cara makannya diam dan hanya mengenai mulutnya saja sehingga tidak melukai ikan.

3. Memagut
Ikan gelama adalah termasuk ikan yang memiliki tipe cara makan seperti ini. Cara makannya adalah ketika memakan umpan tidak banyak bergerak. Sasaran mata kail untuk ikan yang cara makan seperti ini adalah kail yang mencuat kedepan.

4. Menghisap
Ikan yang memiliki cara makan seoerti ini adalah kerapu, gongbelag dll. Jika anda ingin menargetkan ikan seperti diatas dianjurkan anda menggunakan mata kail yang mempunyai mata yang tangkal dan panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *