Istilah-istilah dalam pemancingan yang harus Anda ketahui

Istilah dalam pemancingan ternyata ada banyak, setidaknya dari sumber yang penulis dapatkan ada 50 hingga 60 istilah dalam dunia pancing memancing. Beberapa istilah diambil dari bahasa Inggris, dan beberapa lainnya tampaknya diturunkan dari satu pemancing ke pemancing lain sehingga menjadi sebuah istilah baku.

Istilah dalam pemancingan perlu diketahui oleh pemancing pemula khususnya, sebab tanpa pemahaman akan istilah-istilah tersebut dikhawatirkan pemancing akan menemukan kesulitan adaptasi.

Nah, berikut ini adalah 25 istilah dalam pemancingan yang wajib Anda ketahui:

NGONCER — Ngoncer adalah mancing dengan menggunakan ikan hidup sebagai umpan (LIVE BAIT).
TROLLING (Tonda) — Teknik memancing yang disebut ”trolling” ini harus menggunakan reel khusus (Open Reel) yang cukup kuat dan joran khusus yang umumnya hanya terdiri dari 1 batang dan harus ditarik kapal dengan kecepatan 5-7 knot.
CASTING — biasanya dilakukan dari pinggiran laut, seperti dermaga, batuan, pantai, bahkan diatas kapal yang sedang berhenti / jalan dengan pelan.
SURF CASTING — Teknik mancing ini dilakukan dari pantai dengan menggunakan joran yang panjangnya kira-kira 4m dan biasanya terdiri dari 3 pieces (potong) yang harus disambung jadi satu. Jorannya hampir seperti joran spinning atau popping biasa hanya jauh lebih panjang. Pemancing juga harus menggunakan reel yang berukuran cukup besar (biasanya model spinning kelas 4000 keatas). Oleh teman-teman di daerah Yogya teknik mancing ini disebut PASIRAN.
ROCK CASTING — Teknik mancing ini hampir sama dengan teknik Surf Casting dan menggunakan peralatan yang hampir sama tetapi dilakukan dari atas batu karang (rock) atau pinggir laut yang curam.
POPPING — Teknik Popping pada dasarnya termasuk dalam kelompok Casting.
Fly Fishing — Ini adalah salah satu seni memancing dengan menggunakan artificial bait berbentuk fly (serangga). Artificial flies ini bisa terbuat dari tying hair, fur, feathers, atau material lainnya baik yang natural ataupun synthetic.
Galatama — Mancing Galatama adalah mancing dengan target menjadi Juara dalam pertandingan mancing. Biasanya memperebutkan : Juara induk terberat 1, Juara induk terberat 2, Juara induk terberat 3, dan Juara Prestasi (Total tangkapan terbanyak). Ikan perolehan mancing biasanya tidak di bawa pulang.
Angler — Pemancing.
Big Game Fishing Tournament — Turnamen ikan-ikan besar, dilakukan di laut dalam dan biasanya ikan utama yang menjadi sasaran adalah jenis marlin atau layaran.
Billfish — Jenis ikan berparuh, termasuk marlin hitam, marlin biru, marlin loreng, ikan tondak, dan ikan layaran.
Black marlin — marlin hitam, setuhuk hitam, Makaira indica.
Blue Marlin — Marlin sirip biru Makaira nigricans.
Drag — Rem pada ril penggulung.
Fish finder/ Depth sounder — Alat berbentuk monitor untuk mencari lokasi ikan. Depth sounder ini terdiri dari tranducer yang berfungsi sebagai sensor dan monitor yang berguna untuk menampilkan hasil gambar dasar laut.
Fishing Boat — Kapal mancing.
REEL — alat penggulung senar bisa berbentuk spinning, spincaster, baitcaster, overhead /trolling, dll
BAITCASTER — perangkat memancing (reel) khusus untuk casting, selain kuat untuk fight dengan ikan, perputaran dalam menggulung senar menyesuaikan gerakan umpan yg bentuk ikan kecil sehingga seolah-olah seperti ikan hidup berenang
REEL SPINNING, reel yg lazim digunakan untuk, mancing dasaran, jiggiing, popping, landbase
OVERHEAD/TROLLING, overhead bisa digunakan untuk casting juga, trolling reel untuk mancing tunda atau trolling
Drag, Rem pada reel, drag fleksible bertujuan agar senar tidak putus saat fight dgn ikan
Live bait, umpan hidup biasanya udang, kodok ataupun sotong yg masih hidup
BALANCED TACKLE Kesesuaian pemakaian Rod, Reel, Line, Lure agar didapat pemakaian yang tidak mencelakakan diri atau pengrusakan terhadap salah satu perangkat mancing.
HAND LINE: memancing tanpa menggunakan joran dan reel alias langsung pake tangan. Namun tetap pake line dan mata pancing.

NGOTREK: Adalah mencari ikan untuk umpan mancing itu sendiri. biasanya rangkaian nyotrek itu terdiri dari beberapa matakail kecil yg berderet (renceng). Target ikan selar, tembang, layang, como, kembung, sangir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *