Ragam dan bentuk tempat mancing rekreasi

Ragam dan bentuk tempat mancing rekreasi

Saat ini banyak sekali tempat mancing rekreasi yang bisa dipilih untuk menyalurkan hobi memancing sekaligus sebagai wahana rekreasi bersama keluarga. Tempat semacam ini bahkan telah menjadi lahan bisnis yang banyak dicari dan selalu ramai dengan konsumen. Para penghobi mancing pun dapat menyalurkan hobinya sambil mengajak keluarga yang membutuhkan suasana yang rekreatif.

kolam pemancingan

Ada beberapa bentuk tempat mancing semacam ini dan umumnya hal ini disesuaikan dengan peluang bisnis yang layak dan prospektif untuk dijalankan. Bentuk itu di antaranya meliputi :

1. Kolam Pemancingan Buatan

Saat ini ada banyak tempat kolam pemancingan buatan yang tumbuh di berbagai kota sebagai lahan bisnis yang cukup prospektif. Tempat ini umumnya mengambil lokasi di pinggir kota dimana lahannya masih cukup banyak tersedia. Pemilik atau pengelola kolam pemancingan biasanya telah memasukkan benih ikan sebelumnya sehingga pemancing akan lebih mudah dalam mendapatkan ikan.

Ada sejumlah aturan yang dikenakan pada kolam pemancingan semacam ini menyangkut biaya atau tarifnya, seperti jumlah ikan yang berhasil dipancing ataupun berdasarkan total berat ikan yang didapatkan (kiloan). Tak jarang sang pengelola juga menyediakan fasilitas atau alat memasak bagi pengunjung yang menghendaki untuk mengkonsumsinya di tempat mancing rekreasi tersebut.

2. Resto atau Rumah Makan

Bentuk tempat mancing yang satu ini didesain dan didirikan dengan tujuan utama untuk membuat resto atau rumah makan. Sedangkan pemancingan menjadi bagian dari strategi bisnis yang diterapkannya. Untuk model kedua ini, masih ada banyak lagi bentuknya yang sebenarnya dapat dibedakan berdasarkan persentase antara layanan sebagai restoran maupun tempat memancing, diantaranya:

  • Rumah Makan Pemancingan – Rumah makan jenis ini sengaja menjadikan memancing sebagai bagian penting layanannya dan pesanan ikan diperoleh dari hasil tangkapan memancing tersebut.
  • Rumah Makan dengan Fasilitas Memancing – Nah, untuk jenis ini memancing hanya menjadi fasilitas saja dari strategi marketingnya. Sehingga menu yang disediakan di rumah makan semacam ini tidak hanya menu ikan saja namun beberapa menu lainnya juga disediakan, seperti ayam bakar maupun yang lainnya. Karena fasilitas memancing hanya sebagai daya tarik saja, maka kolam tempat memancing pun dibuat sekedarnya dan tak terlalu luas.

Demikianlah sedikit informasi tentang berbagai ragam dan bentuk tempat mancing rekreasi yang dapat anda pilih untuk rekreasi anda bersama keluarga sesuai dengan kebutuhan.

Sumber foto: saungpancing.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *