23 Tips dan cara mencegah dan mengatasi mabuk laut

Mancing ngampul pakai kapal dan mabuk alias jackpot? Wuah, sebuah kondisi yang sangat menjengkelkan. Sudah pasti kelenger kan? Mabuk laut memang masalah yang sangat serius bagi mancing maniak ketika melakukan trip terutama trip dengan menggunakan kapal di tengah laut.

Bila ini tejadi maka dijamin trip mancing tidak akan menjadi suatu trip yang menyenagkan, bahkan menjadikan trip itu seperti bencana yang sudah barang tentu kehadirannya tidak diinginkan.

Mabuk laut (kailpancing.com)
Mabuk laut (kailpancing.com)

Ketika mancing mania mabuk laut, jangankan bisa berharap mendapatkan ikan yang besar dan banyak, untuk melemparkan umpan saja susah bahkan ngomong dengan teman satu kapal saja tidak kuat. Hal semacam ini haruslah kita hindari. Kalaupun itu terjadi, mancing mania harus tahu cara mengatasinya.

Berikut adalah beberapa cara mencegah dan mengatasi mabuk laut yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Persiapan fisik
Sebelum melakukan trip, kondisi fisik mancing mania harus benar-benar dalam keadaan sehat. Apabila kondisi badan tidak sehat maka sangat mudah sekali mancing mania akan mengalami mabuk laut. Bahkan kondisi badan yang sehat juga kadang masih mengalami mabuk laut. Apabila belum terbiasa melaut tetapi kondisi badan kurang sehat lebih baik tidak usah melakukan trip. Kecuali mancing mania masih yakin akan kondisi badannya untuk kuat melaut.

2. Persiapan mental
Selain persiapan fisik, mancing mania juga harus mempersiapkan mental. Mancing mania harus mempunyai keyakinan bahwa nanti kalau di atas kapal tidak akan mabuk laut sekalipun ombaknya sebesar apapun. Ada beberapa rekan mancing saya dimana dia selalu pesimis kalau bakalan mabuk di atas kapal. Akhirnya dia mabuk juga walaupun kondisi laut sangat bersahabat.

3. Istirahat yang cukup
Untuk menjaga kondisi badan terutama untuk mencegah masuk angin maka disarankan sebelum berangkat trip harus tidur secukupnya. Untuk waktu tidur itu tergantung tiap orang masing-masing mengingat kondisi badan tiap orang berbeda-beda. Kadang kalau yakin kondisi badan lagi fit, walaupun tidak tidur semalam maka pagi tetap masihbugar dan siap melakukan trip.

4. Makan secukupnya
Isilah perut dengan makanan agar perut tidak kosong sehingga dengan mudah akan terisi angin akhirnya masuk angin yang akan mengakibatkan rasa mual. Tapi dengan catatan jangan makan terlalu banyak. Justru makan yang terlalu banyak akan menyebabkan mual karena isi perut yang penuh mengalami goncangan karena kapal yang terhempas ombak.

5. Membawa bekal makanan minuman
Bawalah makanan dan minuman sebagai bekal untuk mengisi perut. Diusahakan jangan sampai perut dalam keadaan kosong. Bawalah permen atau buah-buahan untuk mengurangi rasa mual. Dilarang untuk membawa minuman yang bersoda dan beralkohol. Minuman tersebut selain tidak bagus untuk kesehatan juga dapat menyebabkan mabuk laut.

6. Minum obat anti mabuk
Minumlah obat anti mabuk yang dijual di toko atau apotek 1-2 jam sebelum melakukan trip. Minum obat anti mabuk jangan sampai terlambat (minum obat di atas kapal). Karena hal tersebut akan sia-sia. Obat anti mabuk akan bekerja beberapa waktu setelah diminum dan sifatnya bukan untuk mengobati mabuk, tapi bersifat mencegah mabuk. Obat anti mabuk biasanya menyebabkan ngantuk.

Obat-obatan yang bisa mencegah terjadinya mabuk laut antara lain dramamine (obat anti motion sickness), obat maag untuk mengurangi asam lambung, kimite patch (semacam plester yang ditempelkan dibelakang telinga), analgetik untuk menghilangkan pusing.

7. Tidurlah di saat perjalanan menuju spot
Saat trip sudah dimulai bila mancing mania merasa ngantuk setelah minum obat anti mabuk maka tidurlah selama perjalanan menuju spot. Hal ini sangat efektif untuk mencegah mabuk laut. Biasanya kalau saat kapal sudah berjalan dan mancing mania merasa mual maka biasanya selama trip berlangsug mancing mania juga akan merasa mual sampai trip berakhir.

8. Melihat sejauh batas mata memandang
Bila saat perjalanan menuju spot mancing mania tidak bisa tidur maka pandanglah sejauh batas mata memandang. Jangan sampai kita melihat bawah air terus atau melihat bawah bagian kapal atau isi kapal. Lebih baik kita menikmati pemandangan alam seperti melihat kapal-kapal lain yang sedang lewat, melihat langit, melihat awan dsb. Kalau trip dilakukan pada malam hari lebih baik kita melihat bulan dan bintang-bintang yang bertebaran di angkasa.

9. Usahakan jangan membuat rangkaian apapun di atas kapal
Membuat rangkaian pancing di atas kapal pengaruhnya sangat besar sekali akan menyebabkan mabuk laut jika hal ini dilakukan. Lebih baik kalau mancing mania menyiapkan semua rangkaian pancing dari rumah, sehingga mancing mania di atas kapal tinggal membuat rangkaian sederhana yang tidak menyebabkan mual. Seperti halnya membuat leader pancing ataupun rangkaian neklin sangatlah dilarang untuk mencegah terjadinya mabuk laut. Apalagi kalau kita membuat rangkaian FG knot. Dijamin setelah membuat FG knot mancing mania akan merasa agak pusing, apalagi kalau kondisi laut sedang tidak bersahabat.

10. Hindari aroma bau yang tidak sedap (solar dan orang mabuk)
Sebisa mungkin hindari bau solar dengan cara jaga jarak dengan mesin kapal ataupun knalpot mesin kapal. Lihatlah arah angin yang sedang berhembus. Jangan sampai asap knalpot mengenai badan mancing mania. Selain bau solar, bau rekan yang sedang mabuk juga bisa memancing rasa mual yang menyebabkan mancing mania juga merasa mual. Sehingga ada mitos bahwa mabuk itu dapat menular.

11. Mencari posisi anti mabuk
Bila semua persyaratan di atas sudah dipenuhi tetapi mancing mania masih merasa mual atau ingin muntah maka carilah posisi didalam kapal dimana tidak terdapat banyak goncangan akibat dari kapal yang terombang ambing karena ombak.

12. Mencari angin segar
Mencari angi segar sangat efektif untuk mengurangi rasa mual. Hal ini bisa dilakukan dengan cara berdiri di ujung atau samping kapal sehingga kita mendapatkan udara yang segar sambil melihat pemandangan sekitar.

13. Muntah untuk menghilangkan rasa pusing dan mual
Bila mabuk laut sudah tidak bisa dihindari maka lebih baik untuk dimuntahkan saja. Hal ini sangat efektif untuk mengurangi beban rasa mual yang sedang diderita korban mabuk laut. Tapi setelah dimuntahkan kalau bisa perut diisi lagi dengan makanan kecil atau buah-buahan untuk mengisi perut yang kosong supaya tidak masuk angin

14 Minum air laut
Ada mitos yang mengatakan kalau minum air laut bisa mengobati mabuk laut. Kalau sudah tidak ada obat yang bisa mengurangi keinginan mabuk laut apa salahnya mempercayai mitos minum air laut. Tapi usahakan minum air laut dimana laut itu tidak tercemar oleh apapun.

Nih ada juga beberapa tips yang perlu diingat:

15. Kenakan jaket jika udara terasa dingin agar tidak masuk angin

Jika kondisi sudah mabuk, ada juga tips untuk melakukan hal ini:

16. Baringkan badan dengan posisi kepala lebih rendah dari kaki

17. Kendurkan ikat pinggang sehingga pernafasan perut tidak terganggu

18. Jika sudah minum obat anti mual golongan B6 (Dramamine,sturgeon dsb) dan pusing masih menghebat, minumlah analgetik.

19. Jika ada salah satu temannya yang mengalami mabuk laut/jackpot pemancing lain memberikan joran yang sedang strike. Hal ini bertujuan untuk mengalihkan perhatiannya sehingga lupa dengan mabuk lautnya.

20. Makan hati ikan mentah

21. Makan lumpur laut

22. Berenang di laut

Cara lain pencegahan:

23. Sewaktu menjalankan aktivitas memancing di laut biasakan makan permen yang ada rasa asamnya, hal ini dapat membantu menjaga tenggorokan tidak kering. Cengkeh juga dapat membantu sebagai langkah ikhtiar mencegah mabuk atau mual serta tenggorokan kering.
Faktor lain yang perlu dilakukan ialah memakan buah-buahan asam dan mengandung banyak air supaya badan sentiasa berada dalam keadaan lembab hal ini membantu agar badan mengeluarkan keringat.

Bantulah mereka yang sedang mabuk

Biasanya, kita kurang berminat untuk memberikan pertolongan kepada rekan sesame pemancing yang lagi mabuk laut ketika kita sedang menjalankan aktivitas memancing. Alasannya kerana kita takut ikut-ikutan mabuk juga. Sepatutnya menjadi tanggung jawab kita untuk memberi perawatan kepada mereka yang menghadapi situasi seperti itu.

Sekurang-kurangnya memberikan pijitan di tengkuknya supaya muntahnya keluar lebih lancer agar ia lebih cepat lega. Rekan yang mabuk sudah tentu tidak berdaya untuk bangun atau bergerak jika keadaan berlarutan.

Langkah pertama, kita harus membantu mereka supaya duduk bersandar dan memijit bagian tengkuk serta pangkal telinga dengan perlahan-lahan. Ia perlu diberi air putih agak banyak agar dapat melegakan tenggorokan dan perutnya. Malah jika perlu beri ia air gula bercampur garam untuk menggantikan cairan tubuhnya yang sudah habis keluar bersama muntah.

Jika ini dilakukan, ia akan lebih cepat segar. Dengan cara apapun perut harus diisi. Ini kerana selepas menerima minuman atau makanan ringan, ia akan muntah semula. Kita jangan panik kerana ini satu cara perawatan yang perlu lakukan.

Rekan yang muntah perlu diistirahatkan dari aktivitas memancing demi untuk memulihkan kesehatan dan kesegaran tubuhnya. Namun dalam keadaan apa juga, ia perlu dikawal kerana ketika memancing dalam kapal, kemudahan perawatan adalah keharusan. Justru, Anda adalah jururawat dan kita juga doktor ketika itu.

Langkah terbaik, rebahkan ia dalam keadaan separuh berbaring di luar kabin atau di tempat terbuka. Kalau boleh di belakang kapal. Ini untuk mendapat udara laut yang segar. Tetapi ingat, pastikan ia tidak menghirup asap mesin kerana akan memburukkan keadaan.

Usahakan ia tidur terus sehingga terbangun sendiri. Insya-Allah mereka yang terserang mabuk laut itu akan beransur pulih dan dapat meneruskan aktivitas memancing. Tetapi anda tidak perlu memaksa diri mereka untuk melawan pening dan muntah selepas kepulihannya.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*