Umpan, tehnik, rangkaian mancing tawes

Cara mudah mancinng ikan bader – Ikan Tawes Beles merupakan jenis ikan dalam keluarga genus puntius yang menyebar di sungai waduk maupun danau yang berkarakter air tenang. Untuk daerah di sekitar jogja, jenis ikan ini banyak terdapat di aliran sungai Progo, sungai Opak, sungai Bengawan Solo dan sungai Brantas. Ikan ini dalam bahasa masing-masing daerah memiliki berbagai nama yang berbeda. Misalnya di daerah Kedu sering disebut sebagai iwak Balar, di daerah Jogja dinamakan Beles. Tapi pada umumnya masyarakat banyak yang menamakan sebagai tawes Bader.

Untuk memancing ikan Tawes/Beles/bader ini gampang-gampang susah. Namun jangan kuatir dibawah akan dijelaskan bagaimana cara memancing ikan Tawes/Beles/bader

Teknik , umpan dan cara memancing ikan Tawes/Beles/bader :

  • Untuk memancing ikan Tawes/Beles/bader yang penting di chumming ( bom ) dulu biar dia makan. Bom yang digunakan bisa dari daun singkong atau kangkung, yg di satukan dan di ikat, kemudian di letakkan terapung di permukaan air dan di kasih jangkar dari batu biar daun singkongnya ngga hanyut ke mana-mana. Kalau ikan tawesnya sudah mulai berkumpul dan makan daun itu, baru deh di dekat daun itu kita lemparin pancing, bisa dengan umpan daun singkong atau pucuk kangkung, atau lainnya. Misalnya pelet, ubi, lumut , yg penting pakai rangkaian dengan pelampung , dan umpannya tergantung, sedikit di bawah air di dekat tempat bom kita taruh tadi. Untuk ukuran kail jangan terlalu besar, bisa mulai dengan kail ukuran 5 atau 6 kecil. Jika ikan¬†Tawes/Beles/bader sudah makan namun lepas (mocel), besarkan sedikit ukuran kailnya, jadi 7 atau 8. Intinya kail jangan terlalu besar.
  • Kalo di tengahnya banyak rumput gajah, taruh bom nya di pinggir saja. Yang tidak ada sangkutannya, biar ikan tawesnya pada keluar dari persembunyiannya di rumput gajah itu.
  • Mancing ikan tawes dengan pelampung (kumbul) : kalau mancing tawes dengan pelampung gantung , pake umpan pelet atau ubi saja. Dengan umpan kecil, jangan besar-besar, kalau besar ikan tawes susah menelan.
  • Memancing ikan tawes atau bader bisa menggunakan umpan gempa. Umpan gempa adalah dari bungkil kacang atau kedelai. Gempa itu terbuat dari bungkil kedelai atau kacang tanah yg di fermentasi seperti bikin tempe atau oncom hitam.

Rangkaian pancing untuk memancing ikan Tawes/Beles/bader

Jarak kail ke pelampung, mulai dari sejengkal. Untuk tehnik mancing nya mainkan naik atau turun sampai dia makan,

Gambar rangkaian pancing ikan Tawes/Beles/bader

rangkaian-mancing-tawes-bader