Anatomi dan struktur mata kail pancing

Spotmancing.com – Anatomi dan struktur mata kail pancing: 

anatomi mata kail pancing

The Eye

Di sinilah tempat kita mengikat kail, atau tempat mencantolkannya ke umpan tiruan. Bentuk yang paling umum dijumpai adalah yang berbentuk bolong, yang terbentuk dari bahan kail itu sendiri yang dibengkokkan sehingga membentuk lingkaran.

Ada juga kail yang tidak bolong (tidak ada lubangnya), akan tetapi biasanya bentuk-bentuk khusus ini dibuat untuk aplikasi yang tertentu saja.

The Shank

Yang disebut badan kail adalah panjang kail, dimulai dari tempat mengikat kail sampai ke titik dimana kail dibengkokkan. Panjang dari badan ini bisa pendek, sedang atau panjang. Bodi yang pendek biasanya dipakai bentuk umpan tiruan tertentu, biasanya umpan-impan yang dipakai pada teknik Fly. Bodi dengan panjang sedang adalah yang terbanyak dipakai di berbagai aplikasi mancing, sedangkan kali dengan bodi yang panjang biasanya dipakai untuk teknik mancing yang memakai umpan besar, ngoncer dengan umpan hidup, misalnya.

The Gap

Diukur dari jarak antara mata kail dengan bodi. Biasanya jarak lebar kail ini proporsional, artinya makin panjang bodinya, ya lebarnya juga makin besar. Tetapi ada juga lebar kail yang lebih dari ‘rata2’. Biasanya ini diperuntukkan bagi teknik mancing yang menggunakan umpan yang tebal, misalnya untuk riggingan umpan trolling konahead, ataupun umpan alami lain yang ber bodi tebal.

The Point

Bagian inilah yang menusuk bibir ikan target. Ada yang berbentuk bundar biasa seperti mata jarum, ada yang gepeng seperti pisau dan bentuk-bentuk lainnya. Yang paling penting diperhatikan disini adalah mata kail itu haruslah tajam, itu saja. Biasanya mata kail murahan memang dari pabriknya kurang tajam dibanding mata kail dari pabrik yang sudah punya nama.

The Barb

Tugas dan fungsi cantolan ini jelas, yaitu menjaga supaya ikan tidak terlepas begitu mata kail sudah menancap di bibir ikan. Semakin besar barb, semakin susah buat ikan (dan juga kita)untuk melepaskannya. Untuk itulah, para pemancing yg menganut aliran ‘catch and release’ selalu membuang barb ini dengan jalan mengikirnya, atau membuatnya gepeng dengan bantuan tang.

Sumber: fishyforum.com

1 Trackback / Pingback

  1. Bentuk-bentuk dan jenis mata kail pancing | Cara dan Cerita Mancing

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*