Cara mancing ikan kakap merah

Cara mancing ikan kakap merah

Cara Mancing Ikan Kakap Merah − Memancing adalah sebuah hobby dan kegemaran yang mengasikkan. Mengalihkan perhatian tidak hanya pada pekerjaan saja. Menyalurkan hobby memancing membutuhkan kesabaran dan keuletan. Jika anda hobby memancing secara tidak langsung telah melatih anda untuk sabar dan ulet. Pada postingan kali ini kami akan membagikan informasi cara memancing ikan kakap merah.

Ikan kakap memiliki banyak jenis, namun yang umum kita kenal adalah Ikan Kakap Merah (Red Snaper) karena berwarna merah,bentuk badan bulat pipih memanjang dengan sirip dipunggung. Mancing ikan “Kakap Merah” sangat mudah. Hanya dengan menggunakan umpan udang hidup mata kail anda akan disantap si Kakap Merah. Di wilayah perairan Kota Palopo tidak sulit mencari ikan kakap merah. Pengalaman kami para pemancing di Kota Palopo selalu mendapatkan hasil yang memuaskan, baik pemula seperti Pak Mardi Takwim dan Pak Munir Yusuf membawa hasil yang cukup menggembirakan.

Persiapan memancing kakap merah

  • Peralatan bisa tanpa joran (handline) atau dengan joran.
  • Kail, sebaiknya berbahan karbon dengan ukuran 3/0-7/0.
  • Kenur (light tackle) jenis monofilamen kelas 2 – 10 kg (4 – 30 lbs) atau pilih kenus “IGFA Class” (international game fishing assosiation) siapa tau masuk rekor dunia.
  • Spinning, Light Spinning (reel) 2 – 12 ball bearing. Saya sendiri menggunakan reel Ekosima. Panjang Joran 180-210 cm, pilih berbahan grafit (bisa dengan 2 atau 1 batang), dengan melengkung dari tengah sampai ujung (untuk kelas 2-4 kg) atau hanya melengkung di ujung untuk kelas 6 – 10 kg.
Deretan kakap merah hasil mancing di perairan laut Karang Kusen Jepara
Deretan kakap merah hasil mancing di perairan laut Karang Kusen Jepara

Cara mancing kakap merah: Jangan heran jika senar pancing putus karena Ikan kakap memiliki gigi yang agak kuat. Ikan ini selalu berkelompok dan hidup bersembunyi di karang-karang, rompon (paropo-istilah Palopo) dan selalu berada di arus depan saat mencari makan. Pengalaman kami, Cara makan ikan kakap merah sangat halus. Dan jika kita lengah sedikit umpan akan habis. Umpan yang baik untuk ikan kakap merah adalah udang hidup.