Keunggulan dan kelemahan senar braided atau PE

SpotMancing.com – Senar braided atau PE: Keunggulan dan kelemahannya – Senar atau kenur braided termasuk dalam jenis senar multifilament. Karakteristik utama senar braided adalah amat kuat, hampir tidak mulur sama sekali saat ditarik dan memiliki diameter yang amat kecil di banding dengan mono di kelas yang sama.

Senar braided dibuat dengan cara menjalin atau menganyam sekian puluh helai fiber menjadi 1 jalinan, dan jalinan-jalinan dirajut lagi untuk membentuk senar braid seutuhnya.

Macam-macam senar braided.
Macam-macam senar braided.

Sebelum senar nylon ditemukan ada senar barided yang sangat terkenal yakni buatan Dacron. Dacron mengeluarkan senar braided dan menjadi kenur yang paling luas penggunaanya saat itu.

Karakteristik braid Dacron saat itu adalah tidak tahan gesek, kekuatan simpulnya lemah, diameternya besar, dan tidak mulur.

Saat ini, penggunaan Dacron sebagai tali pancing telah menyusut secara drastis, kecuali mungkin untuk para penggemar fanatiknya.

Para pemancing yang memakai pada tahap-tahap awal keberadaan braid ini merasakan kekecewaan karena rendahnya kekuatan simpul yang dihasilkan juga karena warna yang buruk.

Semua kekurangan itu telah diperkecil dengan bantuan teknologi yang semakin maju. Sekarang kita dengan mudah mendapatkan braided warna warni yang berguna untuk memperkirakan berapa meter kenur yang terulur, dan kekuatan simpulnya yang telah jauh diperbaiki.

Pada awal tahun 90an, Spectra, Kevlar dan Dyneema memasuki pasar senar dunia, dan menciptakan senar braided seperti yang kita kenal sekarang yang sering juga disebut dengan PE (PolyEthylene).

Kenur braid ini mengambang di air karena berat jenisnya hanya 0.97, lebih kecil dari berat jenis air yang sebesar 1.0.

Senar-senar sintetis ini amatlah kuatnya menurut uji coba lab mencapai 10x kekuatan (tarik) baja!

Serabut-serabut fiber ini dijalin, atau di anyam, dengan pola tertentu yang amat memakan waktu pada saat pembuatannya.

Hasilnya jelas, segulung senar yang amat tipis jika dibandingkan dengan senar monofilament dengan kekuatan yang sama, amat sensitif karena tidak bisa mulur sama sekali, tetapi relatif mahal.

Macam-macam senar braided/PE

Beragam jenis senar braid yang ada di pasaran sekarang ini dibedakan dari cara perajutannya, pelapisan dan pewarnaannya.

PowerPro, Spiderwire dan kebanyakan merk lain di rajut dengan 4 rajutan. Setiap rajutan terdiri dari beberapa puluh helai fiber yang amat halus.

Ada juga beberapa merk yang malah menggunakan 8 bahkan 16 rajutan. Jelas, 8 dan 16 rajutan harganya lebih mahal daripada yang hanya 4 rajutan saja.

Sebagai gambaran, Blackwater SuperBraid (16 rajutan) 1200y 50lb dijual seharga 889 dollar dibanding dengan sekitar 250 dollar untuk kelas dan panjang yang sama dari braided dengan 4 rajutan.

Senar-senar braided ini lalu ada yang diberi pelapis agar lebih tahan gesekan. Sebagai contoh, Ripcord Si dilapisi dengan silicon tipis, sedangkan Ripcord dan Spiderwire tidak memiliki lapisan pelindung.

Sedangkan untuk pewarnaan, ada banyak braid yang hanya 1 warna saja, juga ada kenur braid dengan 5 atau 6 macam warna setiap 10-20 meter.

Pewarnaan itu sangat berguna untuk mengetahui berapa meter senar telah keluar dari reel.

Keunggulan

Seperti dituliskan diatas, karakter khas braid adalah nyaris tidak mulur sama sekali. Kemampuannya ini memberikan keuntungan bagi pemancing, yakni dapat mendeteksi getaran halus di senarnya, sekaligus meningkatkan persentase umpan terkait dengan sempurna.

Keuntungan lain dari kenur ini adalah kekuatan ikatan simpulnya yang kuat. Efek ‘memory’ pada kenur superlines ini juga lebih kecil jika di bandingkan dengan kenur mono biasa.

Kelemahan

Kelemahan kenur braid ini adalah sifatnya yang menyerap air dan harganya yang mahal, berlipat-lipat dari harga mono biasa.

Kapan waktunya menggunakan braided?

Karena diameternya yang kecil, reel bisa diisi jauh lebih banyak senar, maka pemancing yang sering beraksi di laut dalam dan mengharapkan ditarik ikan yang besar, biasanya akan menggunakan kenur braid.

Jika Anda, sebutlah, terpaksa harus sering mengganti kenur karena cacat setelah digunakan (sering tergesek karang atau lainnya), maka dalam kasus ini kenur braided bisa menggantikan mono.

Karena sifatnya yang nyaris tidak mulur, maka sentuhan ringan pada umpan Anda akan langsung terasa di joran Anda. Tapi harus pula diingat, sensitivitas ini seperti pisau bermata dua. Jika Anda memancing di tempat di mana diperkirakan banyak ikan besarnya, maka penggunaan braid harus dikombinasikan dengan shock leader, yang akan mengurangi kemungkinan patahnya joran saat digentak ikan besar.

Ada beberapa hal yang perlu diingat jika kita menggunakan braid:

– Joran kita haruslah yang menggunakan minimal kolongan/guide Fuji.

– Jangan pernah menarik kenur dengan joran saat tersangkut. Gulung tangan dengan kain sebelum mengikatkan kenur ke tangan untuk menariknya sampai lepas, atau putus. (Sumber: mahir-mancing.blogspot.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *